Sega Berpikir SteamDB Distribusikan Game Secara Illegal, Simak Alasannya

Baru-baru ini, terdapat sebuah laporan DCMA yang diterima oleh SteamDB dari SEGA. SEGA memaksa situs analisis Steam – SteamDB – untuk segera menghapus gamenya dari halamannya, khususnya untuk Yakuza: Like A Dragon.

DCMA bisa disebut juga dengan Hak Cipta. SEGA mungkin berpikir bahwa SteamDB merupakan situs yang melanggar hak cipta tersebut, SEGA mengira SteamDB sebagai situs web bajakan yang mendistribusikan game secara illegal. Padahal SteamDB merupakan situs web analisis yang berjasa untuk Steam.

SteamDB telah melakukan berbagai analisis di steam, termasuk pendapatan mingguan, game terlaris, jumlah pemain bersamaan, dan sebagainya. Jadi tidak ada sepersen pun SteamDB telah melakukan tindakan yang illegal.

Hal ini membuat si pembuat SteamDB, Pavel Djundik, angkat bicara soal kejadian ini pada akun Twitternya. “SEGA mencoba untuk menjatuhkan halaman Yakuza: Like A Dragon di SteamDB dan menuduh bahwa kami mendistribusikan game tersebut”

Ia melanjutkan dengan mengklarifikasi bahwa “ SteamDB tidak mendukung pembajakan, unduhan, keys, dan tidak menautkan ke situs web manapun yang melakukan aktivitas ini”

Baca juga: Tencent Umumkan Game Barunya “Undawn”, Game Bertema Kiamat Zombi

Terlepas dari hal itu, untuk saat ini halaman di SteamDB untuk Yakuza: Like A Dragon telah dihapus. Djundik mengatakan bahwa biasanya ia menerima laporan DCMA setidak satu per tahun, tetapi itu segera diselesaikan. Namun untuk saat ini, tidak ada balasan dari SEGA atas kejadian ini.

Tidak jelas mengapa SEGA ingin menjatuhkan halaman untuk salah satu gamenya, mengapa tidak semuanya?. Mungkin SEGA memiliki alasan tertentu. Yang jelas, langkah SEGA untuk menghapus salah satu gamenya di SteamDB patut dipertanyakan.

Yakuza: Like A Dragon sekarang tersedia di PC, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X / S.

Bagikan