Suka Anime Dr. Stone, Coba Lihat Review Game Factorio Ini

Sekilas tentang Factorio, game ini merupakan game building 2D yang dikembangkan oleh Wube Software. Game ini mendapatkan review tertinggi di Steam dan juga pernah memasuki Finalis di daftar Steam Award 2020 sehingga membuat game ini menarik untuk dicoba.

Baca juga : Valve Umumkan Steam Awards Winner 2020, Game Favoritmu Masuk?

Menurut saya pribadi, Factorio memiliki beberapa persamaan dengan anime Dr. Stone. Jika di Dr. Stone Senku harus membangun peradaban dari nol (alias dari zaman batu), sama halnya dengan Factorio. Pemain harus membangun peradaban sendiri dari zaman batu hingga modern, namun peradaban disini yang dimaksud adalah pabrik.

Agar lebih jelasnya simak ulasan saya berikut ini

Gameplay

Sekilas Factorio memiliki gameplay building yang sangat fun. Tidak hanya membangun pabrik saja, namun kalian juga turut untuk bertahan hidup dari para Monster.

Pada awal permainan kalian mesti melakukan berbagai macam hal secara manual. Namun seiring berjalannya waktu, nantinya kalian bisa membuat macam hal secara otomatis

Pada awal permainan, kalian pasti merasa kebingungan. Alat ini buat apa? Ini fungsinya apa?. Namun, perlahan-lahan kalian akan paham sendiri. Namun, jika masih belum Factorio juga menyediakan tutorial dasarnya

Dunia 2D yang tidak terbatas

Factorio memiliki dunia yang sangat tidak terbatas, sama halnya dengan game minecraft. Jadi, kalian bisa memainkan game ini dengan sepuasnya. Memang tidak aneh jika Factorio memiliki “Infinite World” karena kalian harus mencari resource yang merupakan bahan penting untuk perkembangan pabrik kalian.

Musuh yang semakin kuat

Factorio ini juga memiliki berbagai macam musuh yang tentu akan semakin kuat. Sama halnya dengan pabrik kalian, Monster disini bisa berevolusi semakin kuat yang akan membuat permainannya semakin sulit dan seru.

Monster disini sebenarnya tidak akan menyerang jika kalian tidak menganggunya. Namun karena pabrik memiliki polusi yang tidak sedikit, akhirnya monster-monster disini akan menyerang kalian. Jika polusi pabrik kalian semakin banyak, maka semakin banyak pula Monster-monster yang kalian undang.

Banyak Sekali Inovasi Masa Depan

Salah satu alasan saya menyukai game ini adalah karena banyak sekali inovasi-inovasi di dalam game ini. Dari zaman batu hingga modern, kalian akan merasakan prosesnya.

Dari yang awalnya harus merakit barang secara manual hingga bisa membuat mesin otomatis. Dari yang awalnya menggunakan mobil hingga membuat kereta sampai tank. Dan dari yang awalnya mesin Uap hingga mesin Listrik sampai nuklir. Serasa membangun peradaban baru :v.

Banyak sekali pilihan-pilihan yang tersedia, disini kalian juga harus cermat-cermat memilihnya. Apakah harus memilih “inovasi” agar kita mudah mengelola pabriknya?, atau memilih “Inovasi” yang bisa mengalahkan Monster yang semakin kuat?. Semua pilihan pasti ada akibatnya :D.

Laptop/PC Kentang? Tidak Masalah

Salah satu keunggulan game ini yaitu bisa kalian mainkan di laptop kentang kalian :v. Ram 2GB saya rasa cukup untuk memainkannya. Namun memiliki satu kekurangan penting, game ini hanya bisa dimainkan di PC/Laptop 64 bit. Jadi mau tidak mau kalian harus mengupgrade dari 32 bit menjadi 64 bit.

Bisa Bermain Bersama Teman Offline/Online

Nah, salah satu keunggulan penting didalam game ini adalah kalian mabar dengan teman kalian. Menariknya lagi, game ini bisa dimainkan dengan LAN sehingga tidak akan menguras kuota kalian asalkan kalian menggunakan kabel LAN, atau Hotspot.

Tapi tenang, untuk fitur Onlinenya sendiri juga tidak menguras data yang banya kok. Saya pernah memainkan Factorio beberapa jam dengan teman online saya, Data yang terkuras kurang lebih 50 MB-an. Tidak banyak bukan?

Memiliki Persamaan dengan Dr.Stone

Seperti yang saya ungkap sebelumnya. Factorio memiliki beberapa persamaan dengan Dr. Stone terutama saat membangun peradaban baru. Di Dr. Stone sendiri, Senku terus membuat inovasi-inovasi baru untuk kerajaannya sendiri beserta inovasi barunya untuk mengalahkan pasukan musuh Tsukasa.

Sama halnya dengan Factorio, kalian akan terus membuat inovasi-inovasi baru untuk pabrikan kalian beserta bertahan dari musuh-musuh monster disana.

Kesimpulan

Saat saya pertama kali memainkan game ini, saya langsung merasa bahwa game ini memiliki beberapa persamaan dengan anime Dr. Stone, terutama saat membuat inovasi-inovasi barunya. Jika kalian suka anime Dr. Stone maka saya akan merekomendasikan game Factorio ini untuk dimainkan.

Selain kelebihan, tentu ada beberapa kekurangan di dalam game ini. Karena game ini mengajarkan kita untuk “Percaya Proses”, artinya kalian harus sabar menunggu. Karena memang Factorio ini memiliki alur permainan yang lambat.

Baca juga: Review Game World War Z Indonesia

Sekadar informasi guys, Factorio ini bisa kalian menangkan jika kalian sudah membangun Rocket dan menaikinya. Namun, untuk membangun Rocket tersebut dibutuhkan langkah-langkah yang sangat panjang, sehingga kalian harus sabar :v.

Waktu yang dibutuhkan untuk memainkan game ini juga banyak, karena memang kalian harus memonitoring pabrik kalian Apakah bahan-bahannya cukup?, Mesinnya ngandat? Dan sebagainya.

Walaupun memiliki kekurangan, namun Factorio tetap seru untuk dimainkan terutama bagi kalian yang suka bermain bersama teman alias MABAR. Spesifikasi yang dibutuhkan tergolong kecil sehingga bisa kalian mainkan di PC/Laptop kentangmu asalkan support 64 bit yaa.

Mungkin sekian review game Factorio dari saya, jika kalian punya pendapat lain silahkan ketik dibawah guys…

Bagikan